Modul 5 : Sanitasi

Description

Sanitasi lingkungan adalah pengawasan lingkungan fisik, biologis, sosial dan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan manusia, yang mana lingkungan berguna ditingkatkan dan diperbanyak sedangkan yang merugikan diperbaiki atau dihilangkan.

 

Sanitasi lingkungan adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi lingkungan dapat pula diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar yang mempengaruhi kesejahteraan manusia. Kondisi tersebut mencakup:

·      Pasokan air yang bersih dan aman;

·      Pembuangan limbah dari hewan, manusia dan industri

·      Perlindungan makanan dari kontaminasi biologis dan kimia;

·      Udara yang bersih dan aman

·      Rumah yang bersih dan aman.

 

Dari definisi tersebut, tampak bahwa sanitasi lingkungan ditujukan untuk memenuhi persyaratan lingkungan yang sehat dan nyaman. Lingkungan yang sanitasinya buruk dapat menjadi sumber berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pada akhirnya jika kesehatan terganggu, maka kesejahteraannya juga akan berkurang. Karena itu, upaya sanitasi lingkungan menjadi bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan.

What will you learn
  • Santri mengenal jenis-jenis sampah dan cara pengelolaannya.


Requirements
  • Laptop
  • Buku modul PLH Untuk Pondok Pesantren
  • ATK

Lessons

  • 0 Lessons
  • 00:00:00 Hours

About instructor

Instructor
Name : Edy Hendras
Reviews : 0 Reviews
Student : 1 Students
Courses : 7 Courses

Reviews

0
Based on 0 Reviews
1 Stars
2 Stars
3 Stars
4 Stars
5 Stars